Header Ads

  • Breaking News

    Mengizinkan Feeder PDDikti diakses pada Port 80

    Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau yang biasa dikenal dengan PDDIKTI merupakan kumpulan data penyelenggaraan kegiatan Pendidikan Tinggi di seluruh Perguruan Tinggi yang terintegrasi secara nasional. Feeder PDDikti adalah aplikasi untuk mengumpulkan dan mengelola data tersebut. Data yang ada dalam aplikasi ini akan terhubung dengan forlap, di mana data-data dalam feeder akan dikirim ke forlap. Aplikasi ini nantinya akan membantu perkembangan perguruan tinggi dengan mengirimkan informasi-informasi terkait penyelenggaraan kegiatan Perguruan Tinggi.

    Saat ini aplikasi Feeder PDDikti telah hadir dengan dua basis System Operasi, yaitu Windows dan Linux. Apabila aplikasi ini dijalankan pada sebuah server, maka dapat diakses oleh operator melalui jaringan dengan alamat http://ip-server:8082 sebagai contoh http://192.168.12.11:8082 ; nah.. kok ada 8082 nya?


    8082 adalah port standart yang digunakan untuk mengakses aplikasi tersebut, untuk memudahkan melalui tulisan ini kita akan buat setingan untuk mengizinkan server feeder diakses melalui port 80 atau port standart http.
    • Login ke server Feeder sebagai Administrator.
    • jalankan command prompt kemudian ketikkan perintah ini :
    netsh interface portproxy add v4tov4 listenport=80 connectaddress=ip-server-anda connectport=8082
    • Buka Setting Firewall, pilih Advanced settings
    • Pada Jendela Windows Firewall with Advanced Security, pilih Inbound Rules
    • buka PDDIKTI Web Server, pilih tab Protocols and Ports, kemudian tambahkan 80 pada Local port, sehingga menjadi 8082, 80 seperti pada gambar di bawah ini


    OK, sekarang kita sudah bisa mengakses server Feeder PDDikti dengan ip server tanpa 8082 😊


    Selamat mencoba.. Wassalam


    No comments