Header Ads

  • Breaking News

    Sosok Internet Indonesia - Onno W. Purbo - dapat Award

     

    Dokumentasi tahun 2014

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

    Onno W. Purbo, nama ini tentu saja tidak asing bagi penggelut dunia IT lebih khusus Networking dan penggiat Linux di Indonesia. Semua tentu karena jasanya yang tidak sedikit dalam membawa dan memperkenalkan Internet di Indonesia sampai-sampai beliau dijuluki Bapak Internet Indonesia - entah dari mana dan siapa yang memulai julukan tersebut 😊.

    Onno W. Purbo adalah seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia. Selain pakar, Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik, dan pembicara seminar. Sebagai aktivis Onno dikenal dalam upayanya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah Wajanbolic, sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan Open BTS.

    Secara Pribadi saya mengenal beliau (tapi beliau tidak kenal saya😋) pada saat mengerjakan tugas akhir Kuliah di Tahun 2004 atas bimbingan salah seorang dosen (Bapak Syarif Baital) saya dipinjami sebuah buku yang berjudul "Membuat Aplikasi Simple Network Management Protocol (SNMP)" karya Onno W. Purbo. Sejak saat itu saya banyak mengikuti sepak terjang beliau😊.

    Alhamdulilah tahun 2014 saya berkesempatan bertemu langsung dengan beliau dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Baubau. Kegiatan tersebut ditujukan untuk Guru agar dapat menggunakan dan memaksimalkan IT dalam proses belajar mengajar.

    11 November 2020 - Onno W Purbo meraih penghargaan dari Postel Service Award, sebuah ajang anugerah tertinggi dan bergengsi tingkat dunia di bidang internet. Penghargaan Jonathan B. Postel 2020 diberikan kepada Onno atas kontribusi, kepemimpinan, dan layanan yang dilakukan terus-menerus terhadap komunitas internet global.

    Berbagai pujian beliau dapatkan melalui beberapa media Sosial. Kabarnya beliau juga mendapat sebesar US$20.000 - dikutip dari cnnindonesia.com - silahkan pembaca konversi sendiri ke Rupiah😋.

    video rekaman acara Postel Service Award bisa tonton disini https://www.youtube.com/watch?v=KtATpsMtalY

    Akhir kata.. Selamat OM ONNO (sapaan akrab beliau) semoga selalu menginpirasi untuk Indonesia yang lebih BAIK.


    No comments