Header Ads

  • Breaking News

    Cara mengatasi "gitignore not working"


    Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah "gitignore tidak bekerja" pada GitHub:

    1. Periksa isi file .gitignore: Pastikan bahwa file .gitignore memuat entri yang benar dan memiliki format yang sesuai. Anda juga dapat memastikan bahwa entri dalam file .gitignore tidak ada spasi kosong di akhir baris.

    2. Periksa cache Git: Jika file sudah diterima oleh repository sebelumnya, maka file tersebut mungkin masih ada dalam cache Git. Anda dapat membersihkan cache Git dengan perintah "git rm --cached <file>" untuk menghapus file dari cache.

    3. Hapus file secara manual: Jika file sudah ada dalam repository dan tidak terkonfigurasi untuk diabaikan, Anda harus menghapus file secara manual dari repository.

    4. Buat file .gitignore baru: Jika file .gitignore sebelumnya tidak bekerja, Anda dapat membuat file baru dan memastikan bahwa file baru memiliki entri yang benar.

    5. Pastikan file .gitignore ada pada root folder: File .gitignore harus ada pada root folder repository, bukan dalam subfolder.

    6. Gunakan wildcard: Anda dapat menggunakan wildcard (*) dalam entri file .gitignore untuk memastikan bahwa semua file dengan ekstensi tertentu diabaikan.

    7. Perbarui repository: Pastikan bahwa repository terbaru dan sesuai dengan file .gitignore yang baru dibuat dengan menjalankan perintah "git add .gitignore" dan "git commit -m 'Update .gitignore'" untuk memperbarui repository.

      atau anda bisa baca ini :

      Remember to commit everything you've changed before you do this!

      git rm -rf --cached .
      git add .
      

      This removes all files from the repository and adds them back (this time respecting the rules in your .gitignore).

    Ingatlah bahwa beberapa perubahan dalam file .gitignore mungkin membutuhkan waktu untuk diterapkan dan diterima oleh repository. Jika Anda masih mengalami masalah, disarankan untuk membaca dokumentasi Git dan GitHub untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


    No comments