Header Ads

  • Breaking News

    Aplikasi Presentasi


    Microsoft PowerPoint


    Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.

    Operasi

    Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).

    PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).

    PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:

    *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
    *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
    *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
    *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

    Kompatibilitas

    Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

    Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Walaupun Begitu, Microsoft sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12).


    Keynote


    Keynote adalah aplikasi perangkat lunak presentasi yang dikembangkan sebagai bagian dari rangkaian produktivitas iWork oleh Apple Inc. Versi 9 dari Keynote for Mac adalah pembaruan utama terbaru yang dirilis pada April 2019. Pada 27 Januari 2010, Apple mengumumkan versi baru Keynote untuk iPad dengan antarmuka sentuh yang semuanya baru.

    Fitur

    • Tema yang memungkinkan pengguna untuk menjaga konsistensi dalam warna dan font di seluruh presentasi, termasuk grafik, grafik, dan tabel.
    • Transisi slide 3D bertenaga OpenGL dan bangunan yang menyerupai kubus bergulir atau membalik halaman, atau melarutkan transisi yang memudar satu slide ke slide berikutnya.
    • Dukungan monitor ganda: presenter dapat menampilkan presentasi di layar dan masih melihat desktop atau catatan dari laptop atau layar presenternya.
    • Ekspor ke PDF, QuickTime, JPEG, TIFF, PNG, HTML (dengan gambar JPEG) dan PowerPoint. Keynote juga menggunakan bundel .key (file presentasi) dan .kth (file tema) berdasarkan XML.
    • Mendukung semua format video QuickTime (termasuk MPEG-2 dan DV) dalam tayangan slide.
    • Versi 3 membawa ekspor ke iDVD dengan kemampuan klik.
    • Kompatibilitas dengan Apple Remote dan aplikasi remote Keynote untuk iPhone, iPad dan iPod touch.

    Remote Keynote

    Keynote Remote adalah aplikasi iOS yang mengendalikan presentasi Keynote dari iPhone, iPod Touch atau iPad melalui jaringan Wi-Fi atau koneksi Bluetooth, dan dirilis melalui App Store. Dengan dirilisnya Keynote untuk iOS, aplikasi ini terintegrasi ke dalam aplikasi Keynote baru, dan aplikasi yang berdiri sendiri ditarik.


    OpenOffice Impress


    Openoffice.Org Impress atau dikenal dengan sebutan IMPRESS saja adalah Perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dan media interaktif.

    Fasilitas Unggulan


    • Multi Monitor, mempresentasikan dengan tampilan lebih dari satu monitor.
    • Perangkat penggambar dan diagram
    • Animasi dan Efek Slide show
    • Master Document, membuat dokumen presentasi secara kelompok dalam jumlah besar



    sumber : https://id.wikipedia.org/

    No comments