Header Ads

  • Breaking News

    NUMBERS - PENGOLAH ANGKA



    Spreadsheet adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule dan lain sebagainya. Contohnya Microsoft Excel, Numbers dan OpenOffice Calc.

    Numbers

    Numbers adalah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Apple Inc. sebagai bagian dari rangkaian produktivitas iWork bersama Keynote dan Pages. Numbers tersedia untuk iOS, dan macOS High Sierra atau yang lebih baru. Numbers 1.0 pada OS X diumumkan pada 7 Agustus 2007, menjadikannya aplikasi terbaru di iWork suite. Versi iPad dirilis pada 27 Januari 2010. Aplikasi ini kemudian diperbarui untuk mendukung iPhone dan iPod Touch.

    Numbers menggunakan pendekatan "kanvas" bentuk-bebas yang menurunkan tabel ke salah satu dari banyak jenis media yang ditempatkan pada halaman. Sebagai perbandingan, spreadsheet tradisional seperti Microsoft Excel menggunakan tabel sebagai wadah utama, dengan media lain ditempatkan di dalam tabel. Numbers juga termasuk fitur dari Lotus Improv seminal, terutama penggunaan rumus berdasarkan rentang daripada sel. Namun, ini mengimplementasikan Numbers menggunakan konsep spreadsheet tradisional, yang bertentangan dengan penggunaan database multidimensi Improv.

    Numbers juga mencakup berbagai peningkatan gaya dalam upaya meningkatkan tampilan visual spreadsheet. Pada demonstrasi pendahuluannya, Steve Jobs menampilkan antarmuka yang lebih bermanfaat dan kontrol yang lebih baik atas tampilan dan presentasi tabel data.

    Model dasar


    Numbers bekerja dengan cara yang agak berbeda dari spreadsheet tradisional seperti Microsoft Excel atau Lotus 1-2-3. Perbedaan ini bukan hanya kasus sintaksis. Untuk menyediakan ruang kerja yang besar, spreadsheet konvensional memperpanjang tabel dalam X dan Y untuk membentuk grid yang sangat besar - idealnya tak terbatas, tetapi biasanya terbatas pada beberapa dimensi yang lebih kecil. Data dimanipulasi menggunakan rumus, yang ditempatkan di sel lain di lembar yang sama dan menampilkan hasilnya kembali ke tampilan sel rumus. Sisa lembar itu "jarang", saat ini tidak digunakan.

    Sebaliknya, Numbers tidak memiliki spreadsheet yang mendasarinya dalam pengertian tradisional, tetapi menggunakan beberapa tabel individual untuk tujuan ini. Tabel adalah kumpulan sel X dan Y, seperti sheet, tetapi diperluas hanya sampai batas data yang dicakupinya. Setiap bagian data, atau output dari rumus, dapat digabungkan ke dalam tabel yang ada, atau ditempatkan ke dalam tabel baru. Tabel dapat dikumpulkan oleh pengguna ke kanvas tunggal atau ganda. Sementara sheet pada Excel tipikal memiliki data berserakan, kanvas Numbers dapat membangun output yang sama melalui tabel individu yang lebih kecil yang mencakup data yang sama.


    Formula dan Fungsi


    Numbers menggunakan pendekatan hibrida untuk pembuatan rumus, mendukung penggunaan data bernama seperti Improv, tetapi menerapkannya dalam lembar seperti Excel. Dalam operasi dasar, Bilangan dapat digunakan seperti Excel; data dapat diketikkan di mana saja dan rumus dapat dibuat dengan merujuk ke data dengan selnya. Namun, jika pengguna mengetik tajuk ke dalam tabel, sesuatu yang biasanya dilakukan orang sebagai hal yang biasa, Numbers menggunakan ini untuk secara otomatis membangun range yang telah dinamai untuk sel pada baris atau kolom itu. Misalnya, jika pengguna mengetik "bulan" ke A1, dan kemudian mengetikkan nama "Januari", "Februari", dll. Ke dalam sel di bawahnya, Numbers membuat rentang nama untuk sel A2 hingga A13 dan memberinya nama "bulan". Hal yang sama berlaku ketika pengguna mengetik angka untuk "penjualan" dan "penghasilan". Pengguna kemudian dapat menulis rumus rata-rata dalam format teks seperti kategori, = total pendapatan / mobil yang terjual. Formula akan menemukan data yang sesuai dan menghitung hasilnya tanpa bergantung pada baris. Seperti Improv, rumus ini tidak merujuk ke lokasi fisik data dalam lembar, sehingga lembar dapat dimodifikasi secara dramatis tanpa menyebabkan rumus gagal.

    Numbers '09 berisi 262 fungsi bawaan yang dapat digunakan dalam rumus. Ini kontras dengan 338 fungsi Excel 2007. Banyak fungsi dalam Numbers identik dengan yang ada di Excel; yang hilang cenderung terkait dengan statistik, meskipun bidang ini sangat ditingkatkan di Numbers '09.

    Numbers '09 mencakup sistem untuk mengelompokkan data yang mirip dengan tabel pivot. Pivot diperkenalkan di Improv dan dimanipulasi dengan menyeret header kategori, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memutar baris menjadi kolom atau sebaliknya. Meskipun Numbers memiliki objek yang dapat diseret serupa yang mewakili rumus, Numbers tidak digunakan untuk fitur ini dan manipulasi langsung tidak ada. Sebagai gantinya, Numbers menempatkan menu pop-up di header kolom yang memungkinkan pengguna untuk menciutkan beberapa baris menjadi total (jumlah, rata-rata, dll.) Berdasarkan data yang umum di seluruh baris. Ini adalah fungsi yang mirip dengan tabel pivot, tetapi tidak memiliki kemudahan pengaturan ulang model Improv dan fitur-fitur canggih lainnya. Numbers 5.2, dirilis pada 17 September 2018, semakin meningkatkan fitur-fitur ini dengan menambahkan Kategori Cerdas, memungkinkan pengguna untuk "dengan cepat mengatur dan meringkas tabel untuk mendapatkan wawasan baru".

    Tata letak dan tampilan


    Karena Numbers menggunakan kanvas sebagai dasar untuk dokumen, media tidak terikat pada tabel; orang dapat membuat kanvas Numbers dengan koleksi foto dan tanpa tabel. Dalam penggunaan umum, satu atau lebih tabel ditempatkan di atas kanvas dan ditata untuk hanya menampilkan data yang menarik. Grafik dan label biasanya diposisikan di sekitar tabel. Media lain, seperti foto atau ilustrasi, dapat ditambahkan juga. Model display-centric Numbers telah disebut sebagai "tata letak halaman dan aplikasi presentasi yang disamarkan sebagai aplikasi spreadsheet".

    Seperti produk lain di iWork suite, Numbers mencakup beragam gaya dan tata letak yang dirancang oleh ilustrator profesional. Membuka lembar Excel dalam Numbers menghasilkan tampilan dengan font yang halus, dan tata letak yang bersih dan pilihan warna. Ini kemudian dapat dimodifikasi, secara opsional menggunakan salah satu template yang disediakan, dan disimpan ke format Excel lagi dengan gaya-gaya ini utuh. Numbers juga memungkinkan lembar untuk diemail dalam format Excel dalam satu langkah, atau dibagikan melalui Numbers untuk iCloud.

    Numbers telah diterima dengan baik di media, terutama karena formula berbasis teks, penampilan yang bersih dan kemudahan penggunaan. Macworld telah memberinya nilai tinggi, terutama versi yang lebih baru, menghadiahkan Numbers '09 empat dari lima bintang. Mereka memang menunjukkan sejumlah masalah umum, terutama masalah mengekspor ke Excel dan ketidakmampuan untuk "mengunci" sel untuk mencegah mereka bergerak ketika tabel digulir. Numbers untuk iPhone dan iPad telah menerima ulasan yang serupa.

    Namun, versi 3.0 dari Numbers menciptakan curahan keluhan karena hilangnya fitur bisnis yang penting, dengan komunitas dukungan Apple menunjukkan rasio pengguna dengan ketidakpuasan 10 banding 1 dengan versi Numbers yang lebih baru. Versi 4 dan 5 dari perangkat lunak mengembalikan banyak fitur ini serta menambahkan banyak fitur dan fungsi baru. Dalam ulasan mereka tentang Versi 5, MacWorld menyimpulkan bahwa "Nomor 5 untuk Mac memajukan aplikasi, menjadikannya lebih bermanfaat untuk tujuan yang lebih banyak dengan sedikit usaha, tetapi masih menjadi bayangan program spreadsheet bisnis fitur lengkap."

    sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Numbers_(spreadsheet)

    No comments