Header Ads

  • Breaking News

    OPENOFFICE CALC - PENGOLAH ANGKA



    Spreadsheet adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule dan lain sebagainya. Contohnya Microsoft Excel, Numbers dan OpenOffice Calc.

    OpenOffice Calc


    Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.

    Spreadsheet multi-fungsi

    CALC adalah program spreadsheet yang Anda inginkan. Pendatang baru menganggapnya intuitif dan mudah untuk dipelajari; pengolah data profesional akan menghargai fungsi-fungsi tingkat lanjut yang komprehensif.

    Teknologi DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, ringkasan, dan mengkonversinya menjadi informasi yang berarti.

    Formula bahasa alami mengijinkan Anda membuat formula menggunakan kata-kata (contoh. "penjualan - pengeluaran").

    Tombol Intelligent Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung dari konteks.

    Panduan (Wizards) membantu Anda dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet tingkat lanjut.

    Style dan Pemformatan membuatnya mudah untuk menerapkan opsi pemformatan sel yang fleksibel, termasuk merotasi isi, template, latar belakang, batas pinggir, dan banyak lagi. Anda bisa menjadi ahli dalam spreadsheet Anda sendiri berkat templates dengan fungsi yang built-in, mengijinkan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan nyata Anda.

    Scenario Manager mengijinkan analisa "bagaimana jika ..." pada tingkat tombol - contoh. membandingkan profitabilitas untuk perkiraan penjualan tinggi / menengah / rendah.

    Komponen solver CALC mengijinkan optimisasi penyelesaian masalah dimana nilai optimal dari sebuah sel pada spreadsheet harus dihitung berdasarkan batasan yang disediakan pada sel lain.

    Mendukung pekerjaan secara kolaboratif pada spreadsheets dengan dukungan banyak pengguna pada CALC. Dengan melakukan sharing sebuah spreadsheet pengguna lain dapat dengan mudah menambahkan datanya pada spreadsheet. Pemilik spreadsheet dapat mengintegrasikan datanya dengan mudah cukup dengan beberapa klik saja. Kolaborasi ini membantu menghindari konflik selama pengeditan.

    Simpan spreadsheets Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada CALC. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

    Tentu saja, Anda bebas untuk menggunakan spreadsheet Microsoft Excel lama Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda dalam format Excel sebelum mengirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft. Jika apa yang mereka inginkan adalah hasil Anda, maka gunakan format Portable Document Format (.pdf) - tidak diperlukan untuk membeli perangkat lunak tambahan. Sejak versi 3.0, CALC telah mampu membaca dokumen .xlsx yang dibuat dengan Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2008 untuk Mac OS X.

    Fitur-Fitur

    Karena OpenOffice.org Calc merupakan salah satu aplikasi spreadsheet, fitur-fitur yang terdapat pada OpenOffice.org Calc juga berhubungan dengan perhitungan, fungsi-fungsi database, menyun data, grafik dinamis dan menyimpan serta membuka file Microsoft.


    • Perhitungan

    OpenOffice Calc menyediakan fungsi-fungsi, seperti fungsi statistik dan fungsi perbankan. Kita juga dapat membuat rumus/ formula sendiri untuk mendukung perhitungan pada data kita. Selain itu kita juga dapat menggunakan Function Wizard untuk membantu kita membuat sebuah formula.


    • Fungsi-fungsi Database

    OpenOffice Calc dapat digunakan untuk mengurutkan, menyimpan dan memfilter data kita. OpenOffice Calc mengijinkan untuk melakukan drag and drop table dari databse. OpenOffice Calc ini juga dapat digunakan sebagai sumber data untuk membuat form surat pada OpenOffice Writer.


    • Menyusun Data

    Kita dapat menampilkan dan menyembunyikan kolom data pada spreadsheet dengan hanya mengklik mouse. OpenOffice Draw dapat menyusun sesuai dengan3 kondisi khusus yang kita inginkan. Dapat juga digunakan secara cepat untuk menghitung subtotal dan total keseluruhan.


    • Grafik Dinamis

    OpenOffice Draw dapat membuat sebuah grafik yang dinamis, yaitu dengan hanya merubah data pada spreadsheet maka grafik kita secara otomatis akan ikut berubah.


    • Membuka dan Menyimpan File Microsoft

    Dengan memakai OpenOffice Calc kita juga dapat membuka, merubah dan meyimpan file-file yang dengan aplikasi Microsoft office.


    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/OpenOffice.org_Calc
                   https://www.openoffice.org/id/produk/calc.html




    No comments