Header Ads

  • Breaking News

    PAGES (WORD PROCESSOR)



    Perangkat lunak pengolah kata (Bahasa Inggris: word processor) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Pages, Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer

    Pages

    Pages adalah pengolah kata yang dikembangkan oleh Apple Inc. Ini adalah bagian dari rangkaian produktivitas iWork dan berjalan pada sistem operasi macOS, iPadOS, dan iOS. Versi pertama Pages diumumkan pada 11 Januari 2005, dan dirilis satu bulan kemudian. Pages dipasarkan oleh Apple sebagai aplikasi yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat dokumen di perangkat mereka. Sejumlah template yang dirancang Apple yang terdiri dari berbagai tema (seperti surat, resume, CV, poster, dan garis besar) disertakan dengan Halaman.

    Fitur-Fitur

    Pages adalah aplikasi pengolah kata dan tata letak halaman. Ketika Pages pertama kali dibuka, pengguna disajikan dengan pemilih template yang memungkinkan mereka untuk memulai dengan dokumen kosong atau dengan template yang telah dirancang sebelumnya — termasuk dasar, laporan, surat, resume, amplop, kartu bisnis, selebaran & poster, kartu, dan lain-lain , dan bagian templat buletin — yang berisi teks dan gambar placeholder yang dapat diganti dengan menyeret dan menjatuhkan foto dari Media Browser. Media Browser menyediakan akses cepat ke media dari iTunes, iMovie, dan Foto. Pengguna dapat menarik dan melepas musik, film, dan foto langsung ke dokumen Halaman dari jendela Media Browser.

    Setiap jendela dokumen berisi bilah alat, yang memberikan akses sekali klik ke fungsi yang umum digunakan seperti menyisipkan objek (kotak teks, bentuk, tabel, grafik, dan komentar), mengunggah dokumen ke iWork.com, dan menambahkan halaman tambahan. Selain itu, jendela dokumen berisi bilah format kontekstual yang memungkinkan pemformatan teks sekali klik dan penyesuaian gambar. Ketika teks dipilih, bilah format memungkinkan pengguna untuk memilih font, ukuran teks, warna, dan menyesuaikan spasi dan penyelarasan garis. Saat gambar dipilih, bilah format menampilkan alat untuk menyesuaikan opacity, menampilkan dan menyembunyikan efek bayangan dan refleksi, dan menutupi gambar. Jendela Inspektur terpisah menyediakan hampir semua opsi pemformatan yang tersedia untuk setiap elemen dalam dokumen terbuka.

    Dimulai pada iWork '08, pengolah kata dan tata letak halaman adalah dua mode yang berbeda. Dalam mode pengolah kata, Pages mendukung header dan footer, catatan kaki, dan pembuatan garis besar dan daftar. Pengguna dapat berkolaborasi dengan orang lain dalam dokumen. Pages melacak perubahan oleh pengguna dengan menampilkan pengeditan setiap orang dalam berbagai warna. Pengguna juga dapat menambahkan komentar di samping dokumen. Dalam mode tata letak halaman, pengguna memiliki kontrol penuh atas posisi objek pada halaman. Gambar dan teks dapat ditempatkan di mana saja di kanvas.

    Pages yang digunakan untuk menampilkan sejumlah alat tulis canggih lainnya. Banyak dari ini telah dihapus dari versi saat ini. Mode "Layar Penuh" (diperkenalkan di Mac OS X Lion) dan didukung di Pages 4.1 menyembunyikan menubar dan bilah alat, yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada satu dokumen tanpa terganggu oleh jendela lain di layar, namun, setelah Pages 5, mode layar penuh mengharuskan pengguna untuk secara manual menyembunyikan berbagai panel untuk penulisan terfokus, dan panel thumbnail halaman tidak secara otomatis terbuka ketika kursor dipindahkan ke tepi layar kiri. Versi sebelumnya menampilkan gabungan surat, yang secara otomatis mengisi bidang khusus dengan data kontak dari Buku Alamat atau aplikasi Angka untuk membuat dokumen yang dipersonalisasi. Misalnya, jika pengguna ingin mengirim satu surat ke tiga orang, gabungan surat memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen tunggal dengan bidang placeholder yang diisi saat mencetak. Fitur penggabungan surat telah sepenuhnya dihapus di versi 5, meskipun masih dapat dilakukan melalui AppleScript. Tabel dan grafik yang disisipkan dari Angka diperbarui secara otomatis jika spreadsheet asli diubah.

    Kompabilitas

    Pages dapat mengimpor beberapa dokumen Microsoft Word (termasuk format Office Open XML Word 2007). Pages 4 dan sebelumnya juga dapat mengimpor dokumen pengolah kata AppleWorks, dan mengekspor dokumen ke teks kaya, tetapi fitur-fitur itu dihapus sampai Halaman 6.1. Halaman 5 masih dapat mengekspor ke format PDF, EPUB, dan Microsoft Word DOC. [13]

    Persamaan matematika yang sederhana dan kompleks dapat ditulis untuk dokumen Pages dengan Grapher macOS, menawarkan kemampuan yang mirip dengan Microsoft Equation Editor (ditambah alat rendering 2D dan 3D yang hanya dapat digunakan Grapher).

    Pada Januari 2015, Pages tidak mendukung format file OpenDocument.

    Satu-satunya perangkat lunak yang dikenal selain Pages yang dapat membuka file-nya adalah rangkaian produktivitas iWork dari Apple melalui iCloud, LibreOffice, dan Jumpshare dari Apple. Pengguna Windows dapat melihat dan mengedit file Pages menggunakan iWork untuk iCloud melalui browser web. Sistem iCloud juga dapat membaca file Microsoft Word dan mengonversi file Pages ke format Microsoft Word. Jumpshare dapat melihat file Pages.

    Selain mengakses iCloud melalui browser, tidak ada program yang secara resmi dapat melihat atau mengedit file Pages menggunakan Windows atau Linux. Beberapa konten dapat diambil dari dokumen yang dibuat di Pages '09, karena file .pages sebenarnya adalah sebuah bundel. Seorang pengguna dapat membuka file .pages dalam program unpackaging, atau dengan mengganti nama file sebagai file .zip di Windows (XP dan seterusnya), dan akan menemukan preview .jpg atau .pdf secara keseluruhan untuk dilihat dan dicetak, meskipun ini hanya mungkin jika pembuat file .pages terpilih untuk menyertakan pratinjau. Pengguna juga akan menemukan file .xml dengan teks yang tidak diformat. [16] Proses ini juga dapat digunakan untuk pengguna Pages versi 2008 untuk membuka dokumen yang disimpan di Pages versi 2009, yang tidak kompatibel ke belakang.

    Pages juga dapat mengekspor dokumen ke sejumlah format; pemformatan umumnya dipertahankan selama proses ekspor.

    Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Pages_(word_processor)

    No comments